Black and White Mini Cake

Kalo dipikir-pikir ngakak juga baca postingan terakhir yang berbau kegalauan. Yah, seperti lagunya Chrisye yang berjudul “Badai Pasti Berlalu” maka berlaku juga dengan galau; “Galau Pun Pasti Berlalu”. Mengawali postingan di awal tahun ini dengan hobi eke yang telah mendasar di lubuk hati eke yang paling dalam, apalagi kalau bukan dengan acara masak-memasak yang dapat mengobati kegalauan (trust me, it works!). O iya, postingan kali ini juga demi memenuhi special request dari huni eke yang udah jadi seorang mama yang cantik, Widhy. Karena eke udah janji akan share resepnya, bagi eke janji adalah hutang. Maka sebelum eke meninggalkan dunia persilatan, akan eke selesaikan janji itu meskipun hanya sebuah resep.... T_T arghhhhh sedih deh...!

Seperti biasa, sebetulnya hal yang mendasari eke membuat kue ini adalah: bahan-bahan kue di mess masih banyak woiii! Maka daripada mubadzir mubadzirot dan demi melatih keterampilan membuat kue (yang masih begitu-begitu aja, hehe), eke putuskan memilih satu resep yang cukup sederhana dari buku resep kue dan membuatnya menjadi nyata. Hahaha, lebay amat yah. Meskipun sederhana, kue ini hasilnya lembut, trendi, dan imut. Meskipun rasanya sedikit lebih berat daripada kue yang pernah eke bikin sebelumnya. Okeh, langsung ajah capcus ke resepnya.


Bahan:
  1. 75 gr tepung terigu protein rendah
  2. 25 gr gula pasir (eke ganti pakai gula halus, takut ga larut sempurna euy)
  3. 45 gr minyak goreng
  4. 60 ml susu cair
  5. ½ sdt pasta vanila
  6. 3 kuning telur, kocok lepas
  7. 3 putih telur
  8. ¼ sdt garam
  9. ½ sdt cream of tartar
  10. 50 gr gula pasir (eke ganti pakai gula halus)

Bahan Topping:
  1. 200 gr buttercream
  2. 8 keping biskuit oreo, dihaluskan
  3. 100 gr milk chocolate (eke pakai dark chocolate)
  4. 50 ml krim kental (eke ga pakai, eke ganti pakai 1 sdm margarin untuk melelehkan coklat)
  5. 7 keping biskuit oreo tanpa krim, potong 4 bagian

Cara Membuat:
  1. Ayak tepung terigu beserta gula halus. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Campur minyak goreng, susu cair, dan pasta vanila. Aduk rata.
  3. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Masukkan gula halus sedikit-sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
  5. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan.
  6. Tuang ke dalam loyang 24x24x3 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  7. Oven dengan api bawah suhu 180 degC ±30 menit sampai matang. Dinginkan. Belah dua cake.
  8. Topping: kocok rata buttercream dan oreo yang telah dihaluskan.
  9. Ambil selembar cake. Oles seluruh permukaan cake. Tutup dengan cake lainnya. Potong cake dengan d= 3 cm.
  10. Tim margain, setelah margarin meleleh, masukkan dark chocolate. Aduk sampai meleleh sempurna.
  11. Hias potongan cake dengan sisa buttercream dan biskuit.

Disadur dari "55 Resep Rupa-Rupa Soft Cake"

Tips n Trik & Pengalaman:
Poin 5. Waaa!!! Seperti biasa teknik mencampur dua adonan yang berbeda fasenya ini adalah tantangan utama dalam membuat kue. Dibutuhkan teknik melipat-secara-perlahan-namun istiqomah untuk mencampur adonan tepung dan putih telur agar mencampur sempurna tanpa mengempiskan adonan putih telur. Ini ujian kesabaran bangettt. Seinget eke waktu bikin kue ini kurang tercampur secara sempurna, alhasil masih ada spot-spot putih dari adonan putih telur saat kue matang. Syukurnya sih ketidaksempurnaan itu tertutup oleh olesan buttercream, hehe.

Poin 7. Detail pemanggangan kue silakan bisa dilihat di postingan eke sebelumnya yah. Insya Allah berhasil. Eke sama sekali ga melakukan: pembelahan kue jadi dua. Awalnya sih coba pengen belah, tapi kok ternyata susah. Terus menyerah, ga jadi deh, hehe. Lagian kue eke kurang begitu mengembang, mungkin karena loyang terlalu lebar atau pencampuran adonan yang kurang sempurna.

Poin 8. Eke bikin buttercream sendiri. Sebetulnya ada sih buttercream yang udah jadi di toko bahan kue, tapi eke takut kalo buttercream itu kurang berkualitas (yang semacam meninggalkan bekas berat di langit-langit mulut itu lho). Nah untuk mengatasi kekhawatiran eke, eke bikin sendiri deh buttercreamnya dari:
  1. 200 gr mentega putih/shortening (waktu itu eke beli merk Snow White)
  2. 50 gr gula halus
  3. 1½ sdm susu kental manis

Caranya:
  1. Mixer mentega putih sampai pucat
  2. Masukkan gula, mixer lagi
  3. Masukkan susu kental manis, mixer lagi.
  4. Nah, siap digunakan deh.

Dari buttercream yang eke buat ini kuantitasnya terlalu banyak untuk melapisi kue eke, secara eke ga jadi belah kue jadi dua dan melapisi setiap permukaannya. Jadi, kalau melapisi salah satu permukaannya saja... kira-kira cukup membuat buttercream 150 gr saja.

Nah, itu tips n triknya. Hasil kue eke emang kurang ngembang sih kayanya, etapi ternyata kuenya tetap lembut dan enak kok. Tanya aja deh sama orang-orang yang eke kasi kue ini (orang-orangnya udah eke suap wkwk). Karena kurang ngembang itu, komen temen eke waktu pertama kali lihat kuenya “Ini? Tahu bukan?” Wkwkwkwkwk.... Ada lagi yang bilang: Topping oreonya mirip topi prajurit Romawi. Hehe.

Semoga resepnya bermanfaat yaa... Semoga kuenya jadi lebih baik daripada bikinan eke, kalau udah jadi jangan lupa kuenya dibagi-bagikan ke orang tersayang.
Spread love to everyone deh pokoknya!!!! ^^



Salam.

Comments

Popular Posts