Menikmati Harum dan Lembutnya Lemon Soft Cake Buatan Sendiri



Happy fiesta!

Dalam rangka menyambut HUT eke di bulan April 2014 ini maka eke bertekad untuk membuat cake. Yah... sekedar untuk memeriahkan suasana. Bukan, bukan, sebetulnya ada beberapa landasan utama yang membulatkan tekad eke untuk membuat cake kebetulan momennya bertepatan dengan HUT eke, yaitu:
  1. Membalaskan hasrat terpendam atas kegagalan membuat lemon cake beberapa tahun lalu. Ada cerita tersendiri saat membuat cake pertama kali. Eke yang saat itu masih pengangguran berstatus mahasiswi, selalu mendambakan cake yang lembut, lembap, lentur, tidak eneg, dengan kesegaran wangi buah yang bisa dibuat sendiri. Setelah searching resep di dunia maya, maka bertemulah eke dengan resep lemon cake. Dalam bayangan eke resep sederhana ini cocok dengan keinginan eke. Bertekad membuat lemon cake dengan jerih payah sendiri berbekal resep sederhana yang ada.. setelah cake keluar dari panggangan, maka..... TARAAAAAA!!! Munculah adonan matang dengan tekstur gethuk! Wkwkwkwk. Meskipun gagal total, rasa dari cake tersebut cukup enak. Hanya teksturnya saja yang off spec.
  2. Menerapkan resep pembuatan soft cake dari buku resep yang berjudul "55 Resep Rupa-Rupa Soft Cake" yang eke beli waktu ada pameran buku murah di Gedung Budaya Loka, Tuban. Percaya sama eke, meskipun masuk dalam ajang pameran buku murah, namun buku resep tersebut tidak tergolong murah. Setelah mendapat potongan harga 10%, buku tersebut harus eke bayar seharga IDR 55,000. Nah, dengan harga segitu...eke jadi penasaran, apakah betul resep-resep di dalamnya efektif? Karena di sampul depannya tertulis: tips dan trik antigagal dari pakarnya. Untuk membuktikannya, eke harus mencobanya sendiri.
    Buku yang bermanfaat haha!

    Halaman yang eke adopsi
     
Saat membaca buku resep tsb, eke kemudian memilah-milah resep mana saja yang bisa diaplikasikan. Eke mengabaikan resep cake yang berbahan cream cheese. Cream cheese ini biasanya digunakan untuk membuat cotton cake atau japanese cheese cake yang memang menambah kelembutan cake. Eke yakin di kota kerja eke sekarang ini ga ada yang jual cream cheese. Sebagai debut pertama eke, maka eke memilih resep Mini Orange Soft Cake dengan pertimbangan bahan-bahannya mudah didapat, langkahnya sederhana, dan hiasannya tidak rumit. Sedangkan untuk sirup jeruknya eke ganti dengan perasan lemon dan ditambah dengan parutan kulit lemon (lemon yeast) untuk meningkatkan wangi segarnya.
Untuk membantu pekerjaan eke, maka eke putuskan untuk membeli seperangkat mixer. Sesuai saran huni eke, maka eke membelinya di toko peralatan rumah tangga Podo Rukun, Tuban yang katanya lebih murah dari toko yang lain. Tanpa bernegosiasi lama dengan penjualnya (karena penjualnya juga 'dingin') maka eke dapatkan hand mixer merk Maspion tipe MT-1150 seharga IDR 150,000. Dan setelah eke cek di toko online, harga yang eke dapatkan memang terbukti lebih murah hahahaha puas *ibu2.

Kue yang sudah matang, kulit permukaannya eke kuliti dan makan sedikit-sedikit buat diicip. Hehe.

Saat bikin kue ini pun rasanya menyenangkan karena dapet aroma therapy pas meres n marut lemon. Wangiiiii banget.. beneran seger. Bahagia hahaha! Resepnya eke bikin jadi separuh saja, soalnya takut ga jadi kalo kebanyakan. Langkah-langkah pembuatannya memang mudah dan sederhana. Hasilnya pun tidak mengecewakan, cake berhasil jadi cake yang lembut, wangi lemon, tidak bantat, lembap, dan lentur. Wow, senangnya. Rasanya manis, mungkin lain kali kalo mau bikin kue ini gulanya akan eke kurangi. Hanya saja menurut eke cake'nya sedikit kurang mengembang, menurut pengamatan eke mungkin karena:
  1. Terlalu keras mengetuk loyang saat memampatkan adonan sebelum dimasukkan ke dalam oven
  2. Adonan putih telur jadi kurang ngembang saat dicampur dengan adonan cair. Maklum pemula jadi belum mahir memainkan teknik mencampur adonan dengan cara: mengaduk dan melipat adonan.
  3. Loyang terlalu lebar, jadi adonan kurang tinggi. Loyang yang eke pake berusaha menyesuaikan dengan resep di buku, yaitu: 24 x 24 x 5 cm (harusnya 24 x 24 x 3 cm). Mungkin lain kali pake ukuran 22 x 22 x 3 cm.

Bottom layer in perfect condition

 

Jadinya setelah dihias dan dipotong

Nah yang susah dalam menyelesaikan kue ini menurut eke adalah saat menghias. Eke sangat diuji kesabaran saat meratakan whipped cream di atas kue, kemudian memotong kue tsb dengan rapi tanpa merusak whipped cream yang udah dioles di atasnya. Susah. Namun setelah selesai dihias, dengan whipped cream, jeruk kaleng, dan gula-gula warna-warni di atasnya eke jadi puas dan terharu. Akhirnya jadi juga, dengan tampilan yang rupawan dan rasa serta tekstur yang indah.
 
Hasil akhir kue ini cocok untuk tema fiesta. Cukup meriah. Mengingatkan eke tentang pesan ponakan eke di Semarang "Tante, kalo Tante ulang tahun... Beli kue sama lilin, nanti aku yang tiup ya." Huhu, jadi kangen mereka. Nah, berikut ini resepnya yang eke modifikasi untuk jadi 1 loyang saja dengan bahan-bahan dan hiasan yang eke sesuaikan selera. Mudah lho, pasti jadi. Insya Allah.
 
Bahan:
  1. 68 tepung terigu protein rendah
  2. 1/4 sdt baking powder
  3. 25 gr gula bubuk
  4. 50 ml susu cair
  5. 2 sdm air perasan lemon
  6. 33 gr minyak goreng
  7. 4 tetes pewarna oranye
  8. 40 gr kuning telur
  9. 125 gr putih telur
  10. 1/8 sdt garam
  11. 1/4 sdt cream of tartar
  12. 63 gr gula bubuk
  13. 1 sdt parutan kulit lemon. Kulit lemon yang diparut tipis saja, jangan sampai mengenai permukaannya yang putih karena akan memberikan rasa pahit
*) untuk bahan no. 8 dan 9 kira-kira dibutuhkan 3 butir telur
 
Bahan Olesan:
  1. 150 gr whipped cream instan
  2. air es
Hiasan:
  1. 12 buah jeruk mandarin kaleng, potong 2 bagian
  2. Gula-gula bulat warna-warni (ga tau namanya, hihi)
Langkah Pembuatan:
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan 25 gr gula bubuk. Aduk rata.
  2. Campur air perasan lemon, kulit lemon, minyak goreng, dan pewarna oranye. Aduk rata. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Tambahkan susu. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar hingga setengah mengembang. Tambahkan gula sedikit-sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
  4. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Sebaiknya dengan teknik mengaduk lipat adonan.
  5. Tuang ke dalam loyang yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  6. Oven dengan api bawah suhu 180 degC selama 25 menit sampai matang.
  7. Dinginkan kue. Oles permukaannya dengan whipped cream. Potong-potong, hias potongan kue dengan sisa whipped cream yang dibentuk gelombang dengan menggunakan spuit. Letakkan potongan jeruk. Lalu taburkan gula-gula warna-warni.
Untuk: 16 potong
     
Tips n Trik:
  1. Langkah no. 2 saat memasukkan susu, sebaiknya dicampurkan ketika campuran akan dimasukkan ke dalam adonan putih telur. Karena campuran no.  di awal terdapat air lemon yang sangat asam, ditakutkan susu akan pecah jika tercampur air lemon.
  2. Langkah no. 5 saat adonan sudah dituang ke dalam loyang, jangan lupa untuk memampatkan adonan agar memenuhi ruang loyang dengan rata. Dengan cara menggoyang-goyang ke kanan dan ke kiri, loyang tidak perlu diketukkan terlalu keras.
  3. Langkah no. 6 setelah 25 menit memanggang dengan api bawah, lanjutkan dengan memanggang menggunakan api atas selama 3 - 4 menit agar permukaan kue matang sempurna. Sesuai saran dari kakak ipar eke yang pernah berjualan kue. Untuk mengecek kue yang matang sempurna menggunakan lidi yang ditusukkan sampe ke dasar kue, angkat lidi, jika tidak ada bagian kue yang menempel di lidi maka kue sudah matang sempurna. Waktu itu, eke tidak punya lidi, maka tangkai daun pohon belimbing wuluh yang daunnya eke rontokin pun jadi *kismin.
  4. Langkah no. 7 kue harus benar-benar hilang panasnya saat akan dioles whipped cream. Karena jika masih panas, whipped cream akan meleleh. O iya, menaburkan gula-gula warna-warni sebaiknya saat kue akan dihidangkan, karena dari pengalaman eke pewarna dari gula-gula tsb jadi luntur dan meleber kemana-mana karena terkena air dari potongan jeruk.
  5. O iya, cara membuat whipped cream instan tinggal mengikuti langkah yang ada di kemasannya. Gampang sekali.
 
 
 



Comments

Post a Comment

Popular Posts