Matcha Mille Crepes


Inih akibat dari rasa penasaran eke yang sudah tak terbendung terhadap kue ini, hehe lebay banget nyak. Pengen beli tapi harga per slice-nya mahal sekitar IDR 75k/slice (apalagi full satu lingkarannya, huhu). Meskipun kata temen eke "Iyah, aku pernah makan kue itu beli di mall Pondok Indah. Bagus sih kuenya memang, tapi rasanya biasa aja." Biasa aja, meskipun kata-kata ini cukup terngiang-ngiang di benak eke, namun rasa penasaran eke tetap terjaga. Akhirnya lah, eke browsing-browsing resep yang sekiranya paling sederhana dan dijamin jadi. Jadi, eke buat kue ini tanpa mencicipi rasa standarnya terlebih dahulu, apa mau dikata rasa penasaran sudah telanjur mengendap lama *ciaelah. Nah, eke akhirnya pakai resep dari Cookpad di sini. Takaran dan langkah memasaknya sama sekali engga eke modifikasi. Namun ada beberapa bahan yang sedikit berbeda, yaitu untuk perisa dan pewarna matcha-nya eke pakai minuman serbuk merek K*yora, sepertinya dari pemilihan bahan tsb rasa serta warna matcha-nya jadi kurang nendang. Jadi, jika ingin membuat mille crepes selanjutnya yang rasa matcha sepertinya lebih baik memakai pasta matcha. Atau, sepertinya eke pengen ganti aja mille crepesnya dengan rasa coklat nutella.

Nah, tapi mungkin di sini eke ingin sedikit berbagi tips&trik aja ya. Terutama dalam bagian mendadar crepesnya karena butuh ketelatenan dan kesabaran. Eh, sebelumnya... pastikan dulu saat membuat adonan crepesnya benar-benar halus dan tidak ada yang menggumpal, bisa dicek cengan cara disaring terlebih dahulu.

Tips&Trik Membuat Mille Crepes
  1. Gunakan wajan teflon, pastinya agar adonan tidak lengket dan mulus saat dibalik.
  2. Dadar adonan dengan api kecil dan panasnya sudah merata di dalamnya. Agar panas cepat merata, tutup wajan sebelum dan saat mendadar adonan
  3. Gunakan sendok sayur untuk menakar adonan yang akan didadar. Caranya, tuang adonan di tengah wajan, kemudian goyangkan wajan agar adonan tersebar secara merata memenuhi dasar wajan yang datar. Waktu itu, sepertinya eke memakai teflon dengan d = ~ 17 cm (kira-kira yang dapat digunakan untuk menceplok dua telur)
  4. Nah, adonan yang eke buat waktu itu sepertinya sudah cukup licin dan encer. Jadi, saat mendadarnya eke engga perlu lagi mengusap teflon dengan mentega, karena eke khawatir adonannya akan kembali terencerkan dan bakalan mudah sobek. Tanpa diusap mentega lagi pun, adonan sudah mudah sekali untuk dibalik dengan mulusss tanpa sobek.
  5. Agar adonan bisa dibalik dengan mudah dan tidak sobek, pastikan sisi bawah crepes sudah matang. Tandanya: permukaan crepes sudah meletup-letup atau pinggiran crepes sudah mengering.
Nah, kebetulan sekali waktu membuat mille crepes ini eke memakai peralatan seadanya, yaitu pakai gas dan kompor portabel yang biasa digunakan untuk kemping. Kebetulan waktu itu gas 3 kg di sekitar kampung eke ngekos sedang langka. 

Dengan peralatan masak yang sederhana pun bisa jadi dengan lancar kok :)
Nah, saatnya icip-icip! Eke memang sengaja menghias potongan itu kue dengan serapih dan seimut mungkin. Begitu eke mencicipinya, memang benar rasanya biasa aja. Menurut eke, rasanya ya seperti crepes dikasih krim (ya memang itu bahan-bahannya! Hahay). Saking biasanya, eke pun urung memberikan kue itu kepada Tjintaque, Belahan #$%^&*que, ya sudah alhasil kuenya eke simpan saja di kos sambil eke beri tahu temen-temen kos untuk memakannya. Eh! Di luar dugaan ternyata temen-temen kos eke semuanya suka, kata mereka enak (ini testimoni asli ya, tanpa rekayasa wkwk). Ya syukur alhamdulillah. Hm, mungkin kembali ke masalah selera kali ya. Hehe.

Selanjutnya, eke sendiri mungkin akan membuatnya lagi namun dengan olesan krim yang rasanya berbeda. Eke sendiri merekomendasikan resep ini untuk pemula, karena menurut eke memang cukup mudah membuatnya meskipun butuh ketelatenan. Nah, selamat mencoba yaaaa. :D

Popular Posts