Step by Step: Membersihkan Biola


 
Hola huni-huni!
Sekian lama memiliki biola, baru kali ini eke posting tentang biola. Biola ini - yang berwarna coklat kekuningan udah eke miliki sejak kelas 1 SMP, sedangkan biola pertama eke - yang berwarna coklat semu oranye udah eke jual sejak beli biola yang kedua ini. Biola ini eke dapatkan setelah menagih janji guru eke: jika menang lomba, maka biola ini boleh eke beli. Dan alhamdulillah waktu itu eke akhirnya menang lomba. Biola second hand ini memang sudah bersuara empuk lantaran sering dipakai latihan sama guru eke.
Suka duka sudah eke lewatkan bersama biola ini. Biola ini pun eke bawa di kota tempat eke kerja untuk menemani di kala sepi. Ya, suaranya cukup membantu kegelisahan, menyalurkan kebahagiaan, ataupun kesedihan. Hehehe.
Ngomong-ngomong tentang biola, biola juga perlu dirawat lho agar suaranya tetap bersih dan sedap dipandang mata. Eke ingat betul dulu waktu kecil eke jarang membersihkan biola, giliran tiba hari les, guru eke serta merta bilang "Wah, pasti rajin latihan ya...sampai kotor begini," lalu guru eke membersihkan biola eke dengan sabar dan gesit. Kejadian seperti itu cukup sering berulang, hingga habis kesabaran guru eke "Besok-besok tolong dibersihkan ya." O iya, guru biola eke adalah seorang bapak purnawirawan polisi yang jadi dosen musik di PTN Semarang, beliau berhati lembut lagi bagus penghayatannya dalam musik, khususnya biola. Semoga dimanapun bapak berada selalu sehat dan selalu dilimpahi rahmat oleh Allah SWT. Aamiin. :)
Kembali ke membersihkan biola, yang dibutuhkan hanya lap bersih berbahan lembut beserta cairan pembersihnya. Sedang cotton bud diperlukan jika ada kotoran di sela-sela lubangnya. Nah, biasanya eke pakai cairan pembersih furnitur kayu merek Pledge.
Sumber: scjohnson.co.id
Meskipun hasilnya sangat mengkilap dan cukup licin. Seorang rekan sesama pemain biola menyarankan bahan alami yaitu minyak kemiri, dari kemiri yang disangrai lalu langkah selanjutnya eke masih belum tahu. Namun beberapa waktu terakhir eke temukan cairan pembersih khusus biola yang dijual di toko alat-alat musik, berbahan dasar silikon seperti cairan pembersih motor. Biola yang dibersihkan dengan cairan ini hasilnya cukup mengkilat dan agak licin.
Cairan pembersih biola mengandung silikon, ada harganya hehe.
Nah, selanjutnya eke akan jelaskan cara membersihkan biola dengan cairan khusus pembersih biola ini.
  1. Bersihkan sela-sela lubang biola yang terdapat kotorannya menggunakan cotton bud.
  2. Langkah ini perlu dilakukan jika biolanya kotor banget seperti biola malang kepunyaan eke yang jarang dipakai latihan. Hehehe.
  3. Lap keseluruhan badan biola agar debu-debu yang kasat mata hilang.
  4. Semprot lap dengan cairan pembersih, usapkan pada badan biola. Khususnya yang berkerak akibat penumpukan rosin: senar, bagian bawah sekitar bridge. Pastikan seluruh permukaan bersih.
  5. Jangan lupa membersihkan stock'nya (penggesek) juga. Selipkan lap pembersih hingga dapat membersihkan kayu stock. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai mengenai helai-helai serat penggeseknya.
Nah, sudah selesai. Biola siap di tuning kembali nadanya. Jika sering dipakai latihan, maka sering-seringlah juga membersihkan biola. Minimal seminggu sekali, agar tetap bersih dan suara tetap merdu.
Bi..o..la... mari main..bi..o..la...
Hoho.. :D

Comments

Popular Posts