Renyah Gurih Kroket Isi Udang Mayo

Kroket isi udang mayo!
Siapa bilang bikin kroket itu susah? Siapa??!! Ngaku!
Maka orang tersebut termasuk dalam golongan orang-orang yang benar. Ya, susah memang. Susahnya tidak dalam rangka membuat isian yang nikmat, tidak juga dalam menghaluskan kentang untuk membuat kulitnya. Tapi susahnya ada di bagian mengisi kulit dengan adonan isi, lalu membentuknya menjadi lonjongan/bulatan yang mulus. Bagi eke yang kurang telaten ini, jadi lumayan tersulut emosi karena susahnya mengatur adonan kulit untuk diisi dan dibentuk. Semua itu terjadi karena kesalahan awal. Mari disimak. Haha.
Resep kroket kali ini eke sadur dari SajianSedap. Dengan sedikit modifikasi pada adonan kulit eke tambahkan 1 butir bawang putih yang dihaluskan dan 1/2 sdm lada putih. Kemudian di adonan isi eke tambahkan 2 butir bawang putih yang dihaluskan, 1 sdt lada putih, 1 sdt gula, susu cair yang eke masukkan eke kurangi jadi 50 ml saja. Isian telur puyuh eke ganti dengan 1 telur ayam rebus yang eke potong tipis-tipis. Kemudian lapisan tepung panir eke ganti dengan bread crumbs agar gorengan lebih renyah.
Nah, kenapa kulit kroket eke susah dibentuk? Tak lain dan tak bukan karena adonannya terlalu benyek. Semua ini terjadi karena kentangnya eke rebus, padahal di resep tertulis kentangnya harusnya dikukus. Begitulah, kentang ga eke kukus salah satunya karena eke ga punya kukusan. Karena kentang jadi lebih berair, maka adonan kulit jadi benyek dan susah dibentuk. Saat mengisi kulit, eke sempat menyerah. Tapi kalo dilihat-lihat, bahan-bahan yang sudah dibuat sayang juga kalo dibiarkan saja. Bahan isian yang udah eke buat pun rasanya sudah oke. Maka akhirnya eke bertekad untuk menyelesaikannya. Di awal-awal mengisi adonan kulit selalu gagal, kulit tidak bisa menutup adonan isi, malah bercampur dengan isinya. Hiks. Selanjutnya, untuk mengatasi kebenyekan adonan kulit maka akhirnya eke tambahkan sedikit tepung terigu (mungkin kira-kira 20 gr) dan bread crumbs (kira-kira 3 sdm). Hasilnya, adonan kulit jadi tidak terlalu benyek dan jadi cukup elastis. Huf, akhirnya teratasi juga. Alhamdulillah, setelah 3 jam bergelut dengan adonan itu akhirnya kroket mentah yang udah eke buat berbentuk juga. Kroket berhasil tergoreng dengan normal dengan isian yang creamy dan gurih, meskipun isiannya kurang banyak karena menutup kulitnya agak susah. :( Hasil kroket jadi sekitar 25 buah, karena ukurannya ada yang terlalu besar. Hehe.
 
Anyway, setelah kejadian ini eke baru googling tips membuat kulit kroket agar mudah dibentuk *terlambat ku sadari. Yaitu setelah dikukus, kentang digoreng agar kandungan airnya berkurang. Namun, eke pikir-pikir kalo terlalu banyak digoreng nanti jadi kurang sehat *halah, hehe. Maka, lain kali kalo mau bikin kroket lagi eke berpikir untuk mengoven kentangnya sampai matang.




O iya, menggoreng kroket dalam minyak yang banyak dengan api sedang (cenderung kecil malah) agar tidak cepat gosong kulitnya dan hasilnya jadi kuning keemasan. Beberapa gorengan kroket eke cenderung coklat soalnya kompor listrik eke sudah dol tombol pengaturan panasnya. Hehe.
 
Resep di link yang eke bagikan patut dicoba. Kroket yang dihasilkan terasa gurih dan creamy!



 



Comments

Popular Posts