Sapi Lada Hitam


Selamat siang!
 
Salah satu masakan favorit eke yang bertema daging sapi adalah Sapi Lada Hitam. Makanan ini terinspirasi dari menu Mie Sapi Lada Hitam yang dijual di kedai Istana Mie yang dulu sering banget eke kunjungi bersama keluarga selepas berbelanja di mall. Tampilan makanan ini tergolong sederhana, hanya satu porsi mie telur yang telah direbus dan diguyur tumisan daging sapi lada hitam. Tetapi tumisan dagingnya cukup nendang, bawang bombaynya royal, disertai dengan potongan paprika yang memberikan wangi tersendiri, dan saus lada hitam yang kentara (Kentara Nasional Indonesia) lada hitamnya. Gurih dan hangat di tenggorokan, cukup meningkatkan produksi air liur. Hanya saja menurut ukuran eke yang saat itu masih kuliah, menu Mie Sapi Lada Hitam yang dijual seharga IDR 21,000 (belum termasuk PPN) termasuk dalam kategori makanan mahal. Itu harga ± 3 tahun yang lalu. Makanya eke seringnya makan disitu kalo sama ortu aja (kismin..).
Saat tinggal sendiri di tempat eke bekerja sekarang, ketika ada persediaan daging yang cukup berkualitas di kulkas.. eke teringat untuk membuat menu makanan ini. Dengan berbekal pengalaman rasa yang pernah eke rasakan, maka eke mereka-reka sendiri bumbu yang digunakan untuk membuat masakan ini. Hanya saja, karena di tempat eke ini sulit untuk mendapatkan buah paprika maka eke ganti dengan cabai merah besar yang isinya dibuang dan daging buahnya dipotong kotak-kotak besar. Sekadar menggantikan keberadaan paprika yang memberikan warna cemerlang dan memberikan sedikit aroma buah pedas. Oh iya, untuk resep-resep yang udah eke berikan, takaran bumbunya tidak usah mutlak sesuai dengan yang udah eke tuliskan namun disesuaikan dengan selera dan kondisi aktual. Nah, kira-kira begini resepnya.
 
Bahan:
  1. 200 gr daging sapi, potong batang korek
  2. 4 siung bawang putih, cincang kasar.
  3. 1 buah bawang bombay potong kotak-kotak besar.
  4. ½ buah tomat besar, potong kotak-kotak.
  5. Setengah buah paprika, buang isinya, potong kotak-kotak dagingnya. Atau bisa diganti dengan 2 buah cabai merah besar, buang isinya, potong kotak-kotak dagingnya.
  6. 1 ikat sawi daging (pak choy), buang bonggolnya. Siram dengan air panas hingga layu.
  7. 1 sdm lada hitam bubuk
  8. ½ sdt lada putih bubuk
  9. 1 sdm kecap manis
  10. 1 sdm saus tiram
  11. Garam
  12. Gula
  13. Minyak goreng untuk menumis
  14. ± 50 ml air
 
Langkah Pembuatan:
  1. Panaskan sedikit minyak dengan api sedang untuk menumis. Masukkan bawang bombay, tumis sampai setengah layu. Masukkan bawang putih, tumis hingga harum.
  2.  Masukkan daging sapi, tomat, tambahkan sedikit air. Aduk-aduk, tambahkan lada hitam, lada putih, kecap manis, dan saus tiram. Tumis hingga bumbu merata dan daging matang.
  3. Bumbui dengan garam dan gula.
 
Penyajian:
Tata di atas piring: nasi/mie telur yang sudah direbus, tata 3 helai daun sawi daging di samping nasi/mie telur, siram di atas daun sawi daging dengan tumisan sapi lada hitam. Hidangkan selagi hangat.
 
Untuk: 2-3 porsi.
 
Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan menambah khazanah menu di dapur huni-huni sekalian.
 
Salam.
 
 
 

Comments

Popular Posts