Nasi Bayam - Comfort Food untuk Semuanya

Nasi bayam dengan lauk kering tempe dan rendang telur Payakumbuh

Malam huni-huni sekalian...
Malam ini sambil mengisi waktu sebelum tidur, eke ingin berbagi resep yang gampang untuk sedikit memanipulasi rasa dan tampilan nasi agar lebih menarik dan enak dimakan dengan lauk lainnya. Nasi bayam! Mungkin ada yang pernah memakannya ada juga yang belum. Resep ini terinspirasi dari penjual jus yang mangkal di kampus eke waktu itu, selain menjual jus juga menjajakan aneka camilan dan nasi-nasi bungkus yang ringan. Di kala menunggu pergantian jam kuliah atau pun sekedar menanti waktu untuk kegiatan lain yang harus diselesaikan di kampus, maka biasanya mahasiswa/i yang haus dan pengen ngemil akan meluangkan uang jajannya untuk nongkrong di situ. Begitu juga dengan eke, yang biasanya makan lebih banyak (untuk menu-menu tertentu) daripada temen-temen eke. Menu di tempat jus itu yang cukup membantu untuk mengganjal perut adalah nasi bayam, yang dijual dengan porsi minim seharga kurang lebih Rp 3,000-an.

Menurut eke sekotak nasi bayam itu cukup menyenangkan walaupun isinya sedikit, nasi bayam yang gurih dipadu dengan lauk kering tempe dan telur dadar tipis yang dipotong memanjang. Cukup mengundang selera. Cita rasa nasi bayam ini sendiri mirip dengan nasi kunig atau nasi uduk, bedanya di warnanya yang hijau tipis. Yakin, pasti anak-anak mudah menyukai nasi ini. Jadi, bisa digunakan juga untuk menyiasati anak yang susah makan sayur. Nah, hal ini yang menggerakkan eke untuk membuat nasi bayam sendiri di rumah. Setelah merangkum dan menyeleksi resep yang ada di sono dan di sini, maka dapat dipastikan membuat nasi bayam tidaklah sulit. Yang ribet adalah menyiapkan lauk pauknya yang sangat cocok dipadu-padankan dengan lauk pauk yang ada di nasi kuning. Kering tempe, sambel goreng, abon sapi, telur dadar tipis, perkedel, wah cocok dah semuanya!

Huni, inti dari pembuatan nasi bayam adalah mengganti air sebagai media penanak nasi dengan jus bayam dan santan. Menanaknya pun dengan menggunakan magic com. Mudah kan? Resep di bawah ini kira-kira untuk 2 cup beras. Nah, untuk besaran seberapa banyak air (dalam artian air + jus bayam + santan) yang digunakan mestinya menyesuaikan jenis beras yang ada di rumah huni-huni sekalian. Contohnya beras punyaan eke, biasanya sudah pulen dengan ketinggian air dihitung dari permukaan beras yaitu setinggi 7/8 dari 1 ruas jari telunjuk (hmm.. mikir dulu. Hehe.) Tujuan yang harus dicapai adalah nasi bisa matang dengan sempurna, pulen seperti biasanya, tidak lembek, dengan rasa dan warna yang telah ditingkatkan. Oke, langsung ke resepnya.
 
Bahan:
1. 2 cup beras
2. Segenggam daun bayam
3. Air
4. 75 ml santan
5. 1 lembar daun pandan
6. 1 lembar daun salam
7. 1/2 sdt garam
 
Langkah:
1. Cuci beras seperti biasanya.
2. Buat jus bayam dengan memblender bayam + 100 ml air + garam.
3. Saring jus bayam dari ampasnya, buang ampasnya.
4. Dalam panci penanak nasi, masukkan beras, jus bayam, santan, tambahkan air sampai batas ketinggian yang biasanya huni gunakan saat menanak nasi, daun pandan, dan daun salam.
5. Masak dalam magic com, ketika nasi sudah 1/2 matang aduk-aduk nasi agar bagian bawahnya tidak berkerak.
6. Lanjutkan proses memasak sampai nasi matang dengan sendirinya.
7. Setelah matang, siap disajikan dengan lauk pauk pengiringnya. Bau nasi gurih yang mengepul pasti mengundang selera!
 
Pengalaman, Tips, n Trik:
Santan yang ditambahkan untuk menanak nasi tidak perlu tebal dan kental, cukup tipis saja. Meskipun kita meyakini bahwa semakin kental santan maka semakin gurih makanan. Namun, tidak untuk menanak nasi ini huni, karena nasi akan cepat gosong daripada mencapai kematangan yang sempurna.
Nah, karena menggunakan sari bayam maka usahakan nasi bayam ini dapat habis dalam sekali masak. Berbahaya jika terlalu lama tinggal dalam pemanas nasi, bisa beracun jika nasi yang mengandung sari bayam dipanaskan terus menerus. Oke segitu aja yang eke sampaikan, semoga bermanfaaat. Lain waktu akan eke sambung dengan resep kering tempe yang gurih. Tentu saja, mudah untuk dilaksanakan. Guten nacht!
 

Comments

Popular Posts