Tuban Where to Eat: Zu Bento

Selamat pagi, huni-huni…

Kali ini ane akan berbagi pengalaman makan di Tuban. Tepatnya di kawasan resto franchise yang tergolong baru di jalan Basuki Rachmat, Tuban. Kawasan resto franchise ini menempati lahan yang dulunya adalah swalayan Sidodadi yang cukup termahsyur di Tuban. Namun, saat ini swalayan tersebut memilih untuk memperkecil area usaha dan jumlah dagangannya. Alhasil, sisa area usaha tersebut kini diubah menjadi kawasan resto franchise. Ane sebut kawasan resto franchise karena memang disitu tempat berkumpulnya aneka resto franchise yang beranggotakan: Quick Coffee, Huma Steak, Zu Bento, dan Quick Chicken. Di kawasan resto franchise ini juga menyediakan tempat solat, kamar mandi, dan wi-fi. Hmm, cukup menarik untuk menangkap konsumen mengingat di Tuban sedikit sekali tempat yang bisa dijadikan tongkrongan ala anak muda (ini menurut ane ya huni, yang merupakan pendatang di kota Tuban).

Ok, ga semuanya ane coba ya huni. Berhubung ane lapar, ane memutuskan untuk membeli paket makanan Zu Bento. Menu makanan yang disediakan Zu Bento adalah nasi dengan lauk-pauk yang terdiri dari gorengan dari olahan ayam atau ikan, ayam/sapi teriyaki, dan sup. Tersedia dessert berupa pudding serta jus buah dengan floating. Setelah melihat-lihat menu makanan, ane tertarik untuk membeli paket yang berisi: 1 mangkuk nasi, 1 teh botol Sosro, 3 lauk gorengan, dan tumisan sapi teriyaki lengkap dengan sedikit salad yang diberi mayonais. Satu paket makanan tersebut seharga IDR 17,500. Ga terlalu mahal dan ga terlalu murah juga.

Nah, saatnya mencicipi. Kita akan diberi peralatan makan berupa sepasang sumpit kayu sekali pakai untuk menikmati makanan tersebut. Bagi yang kesulitan menggunakan sumpit, boleh lah meminta seperangkat sendok dan garpu. Nasinya (meskipun tidak terlalu berkualitas) sudah dimasak dengan hasil yang agak lengket agar mudah terkumpul saat disumpit. Lauk gorengan yang disajikan pun dapat kita tambahkan saus cabe dan tomat yang tersedia dengan rapi di tiap meja. Sapi teriyakinya enak, dengan saus teriyaki dan bawang Bombay yang sederhana cukup menghidupkan suasana. Sausnya gurih manis dan dagingnya pun tidak keras. Cocok dimakan bersama nasi. Gorengannya pun tidak mengecewakan, gurih dan sederhana dengan olahan ayam dan campuran crab stick. Cocok dicocol dengan saus sambal. Sedikit hal yang mengganjal buat ane adalah, sekelumit kecil salad di ujung piring. Rupanya ada serutan wortel dan (mungkin) entah lobak atau bengkoang yang diberi mayonais. Meskipun menyehatkan, tapi ane memilih untuk tidak memakannya dan hanya mencicipi sedikit saja.

Giliran makanan sudah habis dilahap pasti yang terlintas adalah ‘ternyata porsinya kurang’. Itu menurut ane, hehe. Meskipun terlihat meriah ternyata setelah disantap masih kurang banyak aja nih makanan. Dengan harga IDR 17,500 rasanya ane masih berharap ada tambahan lauk yang mengenyangkan, but semuanya sudah tersaji dan sesuai dengan paket yang disediakan. Untuk mengatasi kurangnya porsi yang disediakan, ane memesan satu porsi chicken stick di Quick Chicken seharga IDR 8,000. Satu porsi berisi 4 buah chicken stick yang semuanya whole dada ayam berbalut tepung yang agak pedas. Setelah chicken stick habis dilahap, hasilnya: kekenyangan. Hahaha.

Dengan kualitas yang cukup dan harga yang tidak terlalu mahal, silakan datang ke Zu Bento untuk mengobati kerinduan masakan ala Jepang di Tuban. Meskipun porsinya kurang banyak, but makanan disini cukup lezat dan pastinya mudah disukai anak-anak.

Comments

Popular Posts