Segar Gurih Soto Angkring "Mas Boed" Semarang




Selamat sore Huni-huni sekalian yang dirahmati Allah,
Pulang kampung 2 minggu yang lalu, ane tergiur dengan cerita ortu mengenai warung soto yang terletak di daerah perumahan Banyumanik, Semarang. Kata ibu, soto disitu enak banget dengan ayam kampung asli. Ane tanya sama ibu ko bisa tau ada soto disitu, kata ibu sih gara-gara bapak nonton acara kuliner di tv lokal, jadi deh warung sotonya disamperin.

Nah, siang hari di hari Minggu ane minta anter ortu ke TKP. Lumayan buat isi perut dengan makanan yang enak sebelum kembali ke negeri antah-berantah. Bayangan ane mengenai soto yang enak, ya... Seenak-enaknya soto, pasti enaknya 'gitu', bisa ditebak.
Ketika sampai di depan warung soto, sebenernya ini bukan warung juga sih. Tapi bangunan ruko yang gayanya seperti workshop tukang jahit. Ya, warungnya cukup rapi untuk jualan soto. Sesampainya di tempat duduk, terlihat di angkring sotonya berjejer puluhan mangkok soto yang telah diisi nasi dan pelengkapnya. Jadi, kebayang kan pelayanan disini cukup cepat. Mo pesen berapa biji, dalam hitungan detik soto sudah disajikan. Di meja makan pun tersedia seember sate kerang (bukan ember juga sih sebenernya) yang kuahnya fully loaded. Jadi, tu kuah bisa dimanfaatkan untuk menggurihkan soto kita.
Yap, sesuai dugaan soto datang dengan cepat. Kuahnya jernih dan ga coklat, dengan taburan bawang goreng yang manteb abis. Seperti biasa, ga afdol rasanya kalo ga menyempurnakan soto dengan kucuran air jeruk nipis + kecap. Nah, setelah pelengkapnya sudah ditambahkan...giliran menyeruput kuah soto tsb. Kuahnya gurih dan hangat di kerongkongan (kalo tenggorokan pan buat bernafas ya..). Suwiran daging ayamnya, yang walaupun ga banyak tapi tetap memberikan nilai plus karena dagingnya kesat khas daging ayam kampung. Taburan bawang goreng yang banyak tadi juga menambah wangi kuah soto ini.
Karena masih hampa, maka ane ga kuasa untuk menyomot tempe goreng yang ada di meja. Tempe gorengnya dibuat tipis dan garing, meskipun ane ga terlalu suka sama cara goreng yang begini tapi masih ok di lidah.
Tipikal soto Jawa Tengah adalah bermangkuk agak kecil namun disediakan berbagai macam lauk disekitarnya. Berbeda dengan soto Jawa Timur yang mangkuknyaa besar isinya pun banyak tapi si penjual tidak menyediakan aneka lauk. Ane sendiri lebih seneng sama soto Jawa Tengah, lauk pauk di kanan kirinya itu yang bikin soto yang full kuah jadi lebih asri.
Jadi, soto Mas Boed ini tipe Jawa Tengah ya Huni... Pasti ada pelengkap lauk pauknya. Kalo masih kurang dengan 1 porsi, pastinya boleh nambah lagi. Tapi ane inget pesan bos ane perihal makan soto: "Kalo makan soto 1 mangkok itu biasanya masih kurang, tapi kalo nambah 1 lagi pasti udah eneg. Makanya kalo nambah separo aja." Itu dia rahasia dalam menikmati soto (hehe lebay yah).
So, soto Mas Boed ini layak untuk dikunjungi. Bagi yang sedang di Semarang, bisa menikmati segar dan gurih soto angkring Mas Boed ini.

Harga makanan:
Soto @ IDR 6,000
Sate kerang @ IDR 3,000
Tempe goreng (lupa x_x)

Salam!








Comments

Popular Posts