Masak Terong Balado Yuk!

Sekian lama ga posting resep masakan nih. Memang kenyataannya lagi jarang masak juga, banyak kesibukan bepergian antar kota jadinya ga sempat ke pasar, menyiapkan bahan-bahan, dan seterusnya. Nah, kali ini eke bagi resep masakan Indonesia dengan bahan terong. Terong eke suka, tapi ya sukanya digoreng gitu aja sih buat lalapan sambal. Kalo dimasak yang beraneka rupa, belum tentu eke suka (kecuali mungkin kalo dimasak ala Italia kaya menu yang ada di game Cooking Academy x_x). Terong balado ini juga sebetulnya makanan yang jarang eke makan, takut kepedesan mengingat namanya yang berjudul “BALADO”. Eh, tapi ternyata terong balado yang dijual di kantin kantor eke tingkat kepedasannya bisa eke terima. Dari sini eke bertekad, kenapa ga bikin terong balado sendiri? Toh, eke udah terbiasa membuat sambal + terongnya.
Bahan-bahannya memang ga jauh berbeda dengan sambal terasi yang biasa eke buat. Tapi mungkin ada tambahan rempah-rempah lainnya untuk meningkatkan aromanya? Disadur dari resep di sini dengan sedikit modifikasi untuk selera eke yang tidak terlalu doyan pedas. Eke abaikan penggunaan lengkuas. Dari pengalaman memasak terong balado memakai lengkuas, ternyata eke kurang cocok dengan aromanya. Memang lengkuas memberikan aroma wangi, segar (campuran antara bebuahan dan sedikit aroma bunga, menurut eke), dan menyiratkan sedikit rasa asam. Namun karena rasa dan aromanya tsb jadi membuat eke lebih cepat eneg dan mengurangi selera makan di suap-suap terakhir. Ya entah lah ya... selera orang masing-masing dan tergantung jenis masakannya juga. Penggunaan serai juga eke abaikan, karena itu juga memberikan kesan yang sama dalam masakan seperti lengkuas.

Jadi bagaimana membuatnya? Ini dia.

Bahan:
1.       2 buah terong ungu, potong-potong memanjang
2.       1 buah tomat ukuran sedang, potong kotak kecil-kecil
3.       5 buah cabai merah besar, buang isinya
4.       5 siung bawang merah
5.       4 siung bawang putih
6.       1 sdt terasi
7.       1 lembar daun salam
8.       1 cm jahe digeprak
9.       Garam
10.   Gula merah
11.   Minyak goreng
12.   Air

Langkah pembuatan:
1.       Goreng terong dalam minyak yang banyak dan panas. (Sebaiknya cukup setengah matang saja agar tidak hancur saat ditumis dengan bumbunya). Tiriskan.
2.       Blender bahan 3-6 hingga halus. Tumis hingga wangi. Masukkan daun salam dan jahe, tumis hingga layu dan wangi.
3.       Masukkan potongan tomat dan air (± 100 ml atau sesuai selera), tumis hingga tomat layu dan air menyusut. Beri rasa dengan garam (± 1½ sdt) dan gula merah (± 1 sdt) sesuai selera.
4.       Masukkan terong yang telah digoreng. Aduk hingga bumbu merata dan meresap pada permukaan terong.
5.       Sajikan.


Mudah ya... J mudah, enak, dan murah hehe. Apalagi dimakan dengan nasi hangat yang wangi pandan. Yumm...

Comments

Popular Posts